Mengenalkan konsep aplikasi mobile
Perbedaan aplikasi Android dan iOS
Menjelaskan apa itu no-code dan platform Thunkable
Aktivitas: Membuka akun dan menjelajahi halaman utama Thunkable
Mengenal bagian Design, Blocks, dan Project Settings
Penjelasan tentang screen, komponen, dan properti
Aktivitas: Membuat project kosong dan mengganti nama screen
Menambahkan dan mengatur tombol, teks, dan gambar
Mengatur ukuran, warna, dan posisi komponen
Aktivitas: Membuat tampilan awal aplikasi profil sederhana
Mengenal properti visual (background, font, alignment)
Mengatur tata letak (row, column, centering)
Aktivitas: Desain halaman pembuka aplikasi edukasi
Mengenal sistem blok di Thunkable
Blok “when Button Click” dan “set Label’s Text to…”
Aktivitas: Saat tombol ditekan → teks berubah
Penjelasan logika kondisi dan penundaan (delay)
Implementasi: tombol hanya aktif jika kondisi terpenuhi
Aktivitas: Aplikasi login sederhana (tanpa verifikasi database)
Apa itu variabel di Thunkable
Menyimpan data ke variabel dan menampilkannya
Aktivitas: Aplikasi penjumlahan dua angka (dengan input)
Menggabungkan button, label, sound player
Menekan tombol = memainkan suara
Siswa memilih suara lucu atau edukatif
Aktivitas: Buat aplikasi “Animal Sound”
Upload dan mengatur gambar ke Image component
Upload file audio ke Sound component
Aktivitas: Aplikasi tebak gambar + suara
Komponen Text Input dan Alert
Menyimpan input ke variabel
Aktivitas: Form input nama → tampilkan alert sapaan
Menambahkan screen baru
Blok navigasi antar halaman
Aktivitas: Aplikasi multi-halaman (Home → Info → Kontak)
Komponen: label soal, pilihan jawaban (button), hasil (label)
Blok: if jawaban benar → tampilkan skor
Aktivitas: Kuis pilihan ganda sederhana
Blok “Timer” dan “set Time”
Countdown dengan label yang terus berkurang
Aktivitas: Aplikasi hitung mundur 10 detik
Kombinasi button start/stop/reset + timer
Menampilkan waktu berjalan di label
Aktivitas: Buat stopwatch sederhana
Meninjau materi 1–14 secara ringkas
Kuis pilihan ganda dan praktik
Belajar mengenali dan memperbaiki error kecil
Tantangan: Buat aplikasi sederhana dengan komponen:
Text Input
Button
Label
Navigasi antar screen
Siswa presentasi aplikasi masing-masing
Penilaian berdasar kreativitas dan fungsi
Mengulas fitur-fitur utama Thunkable yang telah dipelajari
Melihat contoh aplikasi interaktif seperti: to-do list, form input, kalkulator
Aktivitas: Siswa memilih aplikasi yang ingin ditiru/diadaptasi
Pengenalan komponen: List Viewer dan Dropdown Menu
Cara menampilkan daftar data (list of strings)
Aktivitas: Aplikasi “Pilih Makanan Favorit”
Mengenal local variable dan stored variable
Cara menyimpan data sementara saat aplikasi berjalan
Aktivitas: Simpan dan tampilkan hasil input nama
Komponen “Local Storage”
Blok: store
, get
, dan remove
Aktivitas: Menyimpan catatan harian yang tetap ada setelah aplikasi ditutup
Input: nama barang
Tampilkan daftar barang ke List Viewer
Simpan daftar dengan Local Storage
Fitur: hapus daftar
Menambahkan item ke list secara real-time
Menyusun list berdasarkan input pengguna
Aktivitas: Aplikasi daftar tugas harian (to-do list)
Blok “show alert” dan “open dialog”
Menampilkan pesan sukses, error, atau konfirmasi
Aktivitas: Konfirmasi sebelum menyimpan/hapus data
Input: judul & isi catatan
Simpan catatan lokal
Tampilkan daftar judul di List Viewer
Lihat detail isi saat item diklik
Membuat logika bercabang 3 atau lebih
Contoh: jika nilai < 60 → “Remedial”; < 80 → “Baik”; lainnya “Hebat”
Aktivitas: Aplikasi penilai nilai siswa
Fungsi: join
, length of
, substring
, math operations
Aktivitas: Hitung panjang nama + kalkulator dasar
Membuat custom function (blok sendiri)
Parameter dan pemanggilan ulang
Aktivitas: Buat fungsi khusus untuk validasi input
Input 2 angka, tombol operasi (tambah, kurang, dst)
Tampilkan hasil
Fitur: reset input & hasil
Buat formulir: nama, email, umur
Validasi: wajib isi, umur harus angka
Aktivitas: Tampilkan notifikasi jika input salah
Form dengan isian lengkap
Simpan data ke local storage
Tampilkan data di halaman konfirmasi
Review keseluruhan: list, input, storage, alert, fungsi
Debugging proyek mini sebelumnya
Simulasi soal: kerjakan sebagian blok dari aplikasi
Tugas akhir: Buat aplikasi dengan fitur:
Input dan validasi
Penyimpanan lokal (Local Storage)
List Viewer atau tampilan data
Navigasi antar screen
Presentasi aplikasi di depan kelas
Penilaian: fungsi, tampilan, dan orisinalitas
Apa itu sensor di smartphone
Komponen: Accelerometer dan Location Sensor
Aktivitas: Tampilkan arah gerakan ponsel & lokasi pengguna
Gunakan location sensor untuk menunjukkan koordinat
Desain antarmuka aplikasi pelacak lokasi
Tambahkan peta jika tersedia
Cara membaca suara dan mengubah ke teks
Mengubah teks menjadi suara
Aktivitas: Aplikasi pembaca teks otomatis (text reader)
Input suara → konversi teks → respon suara
Menambahkan perintah sederhana (seperti: “halo”, “jam berapa?”)
Aktivitas: Buat aplikasi chatbot sederhana berbasis suara
Mengambil foto dari kamera
Memilih gambar dari galeri
Menampilkan hasil foto di layar
Desain UI dengan tombol ambil foto dan pilih foto
Tampilkan hasil foto ke Image Viewer
Simpan nama file ke Local Storage
Apa itu database online?
Mengenalkan Firebase Realtime Database
Persiapan akun Firebase dan koneksi ke Thunkable
Blok untuk set
, get
, dan delete
data
Struktur data: key, value
Aktivitas: Kirim nama & skor ke Firebase, lalu baca ulang
Input nama & pesan → simpan ke Firebase
Tampilkan daftar tamu secara realtime
Fitur: hapus entri
Apa itu API dan cara kerjanya
Menggunakan Web API komponen di Thunkable
Ambil data dari https://api.quotable.io atau https://api.weatherapi.com
Parsing JSON dengan blok get property of object
Menampilkan hasil ke Label dan Image
Aktivitas: Ambil dan tampilkan quote harian atau info cuaca
Masukkan nama kota
Ambil data cuaca melalui API
Tampilkan suhu, kondisi cuaca, dan gambar icon
Uji pemahaman sensor, kamera, API, dan database
Kuis teori dan praktik
Debugging kesalahan umum: response kosong, parsing error
Tim kecil membuat aplikasi dengan:
Form input data siswa
Data disimpan di Firebase
Halaman galeri atau profil siswa
Pembagian tugas: UI, logic, data
Uji fungsi aplikasi antar kelompok
Evaluasi fitur: penyimpanan data, input, tampilan
Saran perbaikan & refactor kode
Siswa membuat aplikasi mandiri dengan ketentuan:
Menggunakan database Firebase atau API publik
Terdiri dari min. 2 screen
Memiliki input dan output dinamis
Presentasi aplikasi dan demo live
Menjelaskan pentingnya portofolio dalam dunia digital
Siswa akan membangun 1 aplikasi besar sebagai karya akhir
Menjelaskan komponen penilaian: UI, fungsi, data, kreativitas
Siswa memilih salah satu kategori:
Edukasi
Produktivitas
Game interaktif
Informasi & utilitas
Aktivitas: Diskusi kelompok, eksplorasi ide, dan pemilihan topik
Menggambar alur aplikasi (flowchart)
Membuat wireframe setiap screen di kertas atau tool digital
Review alur dengan guru
Mulai membangun screen utama & navigasi
Mendesain tampilan agar mudah digunakan dan menarik
Aktivitas: Siswa mendesain halaman utama & login/beranda
Input dan output data
Variabel dan interaksi dasar
Navigasi antar halaman
Aktivitas: Bangun fitur input utama seperti form, button, dll
Fitur khusus:
Jika menggunakan API: hubungkan & tampilkan data
Jika menggunakan Firebase: simpan dan ambil data
Debugging awal
Validasi input
Fungsi tombol reset, alert, dan kondisi logis
Aktivitas: Tambahkan fungsi “sukses” saat input valid
Tes fungsi utama
Perbaiki bug dan logika yang belum tepat
Peer feedback antar siswa
Tambahkan fitur opsional seperti:
Timer, kamera, voice, GPS
Animasi loading, notifikasi, dan suara
Aktivitas: Siswa memilih 1 fitur tambahan untuk proyeknya
Mempercantik tampilan: warna, posisi, font, icon
Gunakan gambar atau ilustrasi pendukung
Tes di mode preview dan real device
Tes silang: tiap siswa mencoba aplikasi temannya
Checklist uji: navigasi, input, output, responsif
Memberi feedback jujur dan membangun
Perbaiki hasil dari review teman & guru
Pastikan aplikasi bisa digunakan dari awal sampai akhir
Tambahkan loading screen, splash screen (Optional)
Buat ringkasan aplikasi:
Nama aplikasi
Deskripsi & tujuan
Screenshot
Link project Thunkable (jika dipublikasikan)
Simpan ke Google Docs atau Notion
Presentasi aplikasi di depan kelas
Struktur:
Ide & tujuan
Fitur utama
Tantangan dan solusi
Demo langsung
Guru dan siswa lain memberi apresiasi & penilaian
Refleksi siswa: pelajaran paling berkesan, tantangan, ide ke depan
Guru memberikan umpan balik umum
Aktivitas: Siswa menuliskan testimoni atau jurnal refleksi
Penyerahan sertifikat kelulusan
Penampilan karya terbaik
Foto bersama
Aktivitas penutup: game kecil, kuis, dan pembagian hadiah (opsional)
We often send out our newsletter with news and great offers. We will never disclose your data to third parties and you can unsubscribe from the newsletter at any time.
Unfortunately, we’re unable to offer free samples. As a retailer, we buy all magazines from their publishers at the regular trade price. However, you could contact the magazine’s publisher directly to ask if they can send you a free copy.
You can create a new account at the end of the order process or on the following page. You can view all of your orders and subscriptions in your customer account. You can also change your addresses and your password.
No, you don’t have to create an account. But there are a few advantages if you create an account.
You never have to enter your billing and shipping address again
Find all of your orders, subscriptions and addresses in your account
Download invoices of your orders
No, we don’t have a physical store location at the moment. We accept only orders through our online shop and we’re shipping all orders with the Swiss Post Service. Please visit our shipping section for more details.
From time to time you will find us at design fairs and popup markets in Switzerland. Subscribe to our newsletter and you’ll receive the latest news.