Kodeflow.id

Membuat Aplikasi Multi-Platform Dengan FlutterFlow

Flutterflow adalah platform no-code yang memungkinkan siapa saja—termasuk pelajar SMA—untuk membuat aplikasi mobile interaktif dengan cara drag and drop. Dirancang dengan tampilan visual yang ramah pengguna, Flutterflow cocok untuk anak-anak yang ingin belajar membuat aplikasi Android dan iOS tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Kenapa Harus FlutterFlow?

Flutterflow bukan hanya alat belajar, tapi juga jembatan menuju kreativitas digital yang nyata. Anak-anak dapat mengembangkan aplikasi yang benar-benar bisa diinstal dan digunakan di ponsel mereka sendiri. Ini memberikan pengalaman belajar yang aplikatif, membangun kepercayaan diri, dan memperkenalkan logika berpikir komputasional secara menyenangkan dan praktis.

Desain Drag-and-Drop yang Intuitif

Flutterflow memungkinkan siswa membuat tampilan aplikasi hanya dengan menyeret dan menyusun elemen visual. Tanpa menulis kode, mereka bisa merancang layar aplikasi secara bebas dan kreatif.

Buat Sekali, Jalan di Android, Web & iOS

Flutterflow mendukung pembuatan aplikasi lintas platform. Artinya, satu aplikasi yang dibuat bisa langsung digunakan di berbagai perangkat, baik Android maupun iPhone.

Integrasi dengan API dan Data Online

Flutterflow memungkinkan aplikasi yang dibuat terhubung dengan layanan internet, seperti mengambil data dari website atau menyimpan data pengguna secara online.

Uji Coba Langsung dan Real-Time

Fitur live preview memudahkan siswa melihat hasil aplikasinya secara langsung di ponsel. Ini memberi pengalaman nyata dalam proses uji coba dan revisi aplikasi.

Pemrograman Visual yang Sederhana

Menggunakan sistem visual builder, siswa bisa menyusun logika aplikasi dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sambil belajar cara kerja program secara bertahap.

Antarmuka Profesional, Mudah Dibuat

Hasil aplikasi di Flutterflow tetap terlihat modern dan profesional. Ini membangun rasa percaya diri siswa terhadap karya digital mereka.

Apa yang akan dipelajari

  • Pengenalan Aplikasi dan Low-Code
  • Membuat Aplikasi Fungsional
  • Desain Antarmuka Aplikasi
  • Publish Aplikasi

Apa yang akan didapatkan

  • Video Materi
  • 64 Pertemuan
  • Bahan Praktek
  • Serfitikat Kelulusan
  • Kelas Online/Offline

UI/UX & Dasar FlutterFlow

  • Apa itu FlutterFlow dan bagaimana cara kerjanya

  • Perbedaan Flutter vs FlutterFlow (secara visual)

  • Membuat akun FlutterFlow & menjelajahi dashboard

  • Mengenal area kerja: Canvas, Widget Tree, Properties Panel

  • Membuat project baru: memilih nama & tipe proyek

  • Struktur folder: Pages, Components, Custom Functions

  • Menambahkan halaman baru dan preview mode

  • Menjelaskan "Live Preview" & "Run Mode"

  • Perbedaan Row vs Column

  • Container dan perannya dalam desain

  • Mengatur padding, margin, alignment

  • Aktivitas: Susun 3 kotak warna-warni sejajar & vertikal

  • Menambahkan Text Widget dan mengubah tampilannya

  • Font, size, weight, dan alignment

  • Menyesuaikan tema warna aplikasi

  • Membuat heading dan body text sesuai UI standar

  • Menggunakan berbagai macam tombol (text, elevated, icon)

  • Menambahkan gambar dari URL dan Assets

  • Menyisipkan icon (Material Icons)

  • Desain halaman profil sederhana

  • Mengenal tipe navigasi: push, replace, pop

  • Membuat halaman baru dan berpindah dengan tombol

  • Membuat tombol “kembali” dan “lanjut”

  • Aktivitas: Buat halaman login → dashboard

  • Struktur halaman: Header, Foto, Biodata

  • Desain responsive dengan Column dan Card

  • Penambahan ScrollView

  • Aktivitas: Build mini project "Tentang Saya"

  • Review komponen yang sudah digunakan

  • Setiap siswa mempresentasikan aplikasinya

  • Sesi tanya jawab dan peer feedback

  • Hierarki visual: apa yang ditonjolkan terlebih dahulu?

  • Kesesuaian warna, ukuran, dan spasi

  • Contoh UI buruk dan UI baik

  • Aktivitas: Perbaiki tampilan halaman contoh

  • Apa itu UX dan bedanya dengan UI

  • Interaksi pengguna: feedback, loading, error

  • Latihan: Mengidentifikasi UX buruk di aplikasi nyata

  • Menggunakan Bottom Navigation dan AppBar

  • Menentukan halaman utama (home)

  • Navigasi 3 halaman dengan TabBar atau BottomNav

  • Halaman grid galeri gambar

  • Navigasi ke halaman detail gambar

  • Tambahkan efek hover atau transisi (animated page)

  • Switch, Slider, Rating Bar

  • Checkbox dan Radio Button

  • Aktivitas: Membuat halaman pengaturan (setting screen)

  • Menambahkan dialog, snackbar, alert

  • Memberi tahu pengguna saat aksi berhasil atau gagal

  • Simulasi loading state dan empty state

  • Mengecek error UI dan layout yang tidak responsif

  • Mengatur kembali struktur widget jika berantakan

  • Refactor halaman agar lebih rapi

  • Tantangan: Buat aplikasi 3 halaman (Home, Galeri, Profil)

  • Elemen wajib: Navigasi, gambar, teks, tombol, komponen interaktif

  • Penilaian: tampilan, susunan, responsif, UX dasar

Front-End Interaktif & State Management

  • Apa itu state dalam aplikasi?

  • Perbedaan Local State, Global State, dan Firebase State

  • Cara membuat dan memodifikasi state di FlutterFlow

  • Contoh: Variabel counter, isLoggedIn, selectedTab

  • Membuat Local State pada halaman

  • Menghubungkan (bind) state ke Text, Switch, Icon

  • Aktivitas: Toggle switch → ubah teks ON/OFF

  • Membuat App State yang bisa dibaca lintas halaman

  • Contoh: userName, theme, language

  • Latihan: Simpan nama dari halaman login dan tampilkan di beranda

  • Menyembunyikan/memperlihatkan widget berdasarkan kondisi

  • Contoh: hanya tampilkan tombol jika switch aktif

  • Aktivitas: Formulir dengan field tambahan jika checkbox dicentang

  • Jenis-jenis Actions: navigate, show alert, set state, etc.

  • Menambahkan action pada tombol atau icon

  • Latihan: Tombol hitung jumlah klik (counter)

  • Menambahkan logika: if/else, kondisi boolean

  • Flow branching menggunakan Logic Builder

  • Contoh: Jika user sudah login → ke halaman dashboard

  • Memberi jeda waktu sebelum pindah halaman (delay)

  • Membuat splash screen dengan delay 2 detik

  • Menambahkan animasi transisi halaman dan efek muncul

  • Input data ke local state list

  • Menampilkan list secara dinamis

  • Menghapus item dari list

  • Optional: Tandai item selesai dengan checkbox

  • Perbedaan antara Alert, Modal, dan Bottom Sheet

  • Menampilkan form dalam modal

  • Aktivitas: Buat popup form tambah data

  • Membuat halaman dengan TabBar

  • Menghubungkan state dengan tab aktif

  • Latihan: Tab "Tugas Hari Ini", "Tugas Besok"

  • Widget input lanjutan & interaksi pengguna

  • Contoh: Rating bintang → tampilkan nilai

  • Simulasi pengaturan (Settings App)

  • Formulir dengan validasi dan kondisi

  • Contoh: field tambahan hanya muncul jika user pilih "lainnya"

  • Review UX dari formulir aplikasi nyata

  • Menggunakan snackbar, alert, dan loading spinner

  • Memberi feedback pengguna saat input sukses/gagal

  • Contoh: tombol submit → spinner → alert sukses

  • Kesalahan umum di state dan action

  • Solusi: preview logic, log debug value

  • Praktik: menemukan dan memperbaiki kesalahan form dinamis

  • Mengevaluasi proyek To-Do dan Form

  • Menambahkan animasi, transisi, warna tema

  • Simulasi pengujian oleh teman

Tugas:

  • Bangun aplikasi dengan fitur:

    • Daftar tugas

    • Pengaturan tema (mode gelap)

    • Navigasi tab atau bottom nav

    • Notifikasi & feedback user

  • Presentasi singkat setiap siswa

  • Penilaian berdasarkan: fungsi, tampilan, UX, dan kreativitas

Back-End, Database & API Integration

  • Apa itu backend dalam aplikasi

  • Peran database, server, dan API

  • Penjelasan konsep client-server secara visual

  • Mengenal Supabase sebagai backend gratis untuk FlutterFlow

  • Membuat akun Supabase

  • Membuat project dan table sederhana: users, tasks

  • Menghubungkan Supabase ke FlutterFlow

  • Menguji koneksi & pengambilan data sederhana

  • Menampilkan data dari Supabase ke halaman FlutterFlow

  • Bind data ke list, card, atau tabel

  • Menyaring (filter) dan mengurutkan (sort) data

  • Contoh: menampilkan daftar tugas pengguna

  • Form input data (nama tugas, deskripsi, deadline)

  • Menyimpan data ke Supabase saat tombol diklik

  • Validasi form & feedback alert sukses/gagal

  • Praktik: Tambah tugas ke database

  • Mengedit data dari Supabase

  • Mengisi form dengan data lama (initial value)

  • Menggunakan action “Update Record”

  • Contoh: Ubah status tugas (selesai/belum)

  • Menambahkan tombol hapus di list

  • Konfirmasi sebelum hapus dengan dialog

  • Menghapus data dari Supabase

  • Aktivitas: Hapus tugas berdasarkan ID

  • Membuat form login dan register

  • Mengatur Supabase Auth

  • Mengarahkan user ke halaman berbeda jika sudah login

  • Menyimpan user ID ke global state

  • Menyimpan sesi user di FlutterFlow

  • Menampilkan nama pengguna yang sedang login

  • Logout dan redirect ke halaman login

  • Aktivitas: Tambahkan auth ke aplikasi to-do

  • Mengenal storage Supabase

  • Form upload gambar atau dokumen

  • Menyimpan URL file ke database

  • Aktivitas: Upload foto profil pengguna

  • Bind gambar dari Supabase Storage ke Image Widget

  • Membuat galeri dari daftar URL

  • Optional: Preview dokumen PDF di WebView (mode Web)

  • Apa itu API? Penjelasan singkat JSON dan endpoint

  • Mengenal API publik (quotes, cuaca, berita, dsb)

  • Menggunakan API Tool di FlutterFlow

  • Ambil data dari API: nama, gambar, deskripsi

  • Tampilkan data ke dalam list

  • Contoh: API Quotes → tampilkan quote harian

  • Mengaktifkan fitur realtime di Supabase

  • Notifikasi otomatis saat data berubah

  • Simulasi: Update tugas oleh siswa A → langsung terlihat oleh siswa B

  • Filter data berdasarkan user ID atau status

  • Sorting berdasarkan waktu (deadline)

  • Kombinasi filter: tampilkan tugas milik user dan status belum selesai

  • Review: Create → Read → Update → Delete

  • Review: Login, upload, dan API

  • Siswa saling mencoba aplikasi teman (peer test)

  • Buat aplikasi dengan fitur:

    • Login/Register

    • CRUD catatan pribadi

    • Upload gambar di setiap catatan

    • Fitur sorting dan filtering

  • Presentasi: Jelaskan struktur databasenya & logic utama

Final Project & Portofolio Launch

  • Menjelaskan tujuan, target, dan output akhir proyek

  • Menampilkan contoh aplikasi sederhana sebagai inspirasi

  • Siswa memilih jenis aplikasi yang akan dibuat:

    • Edukasi

    • Islami

    • Sosial

    • Manajemen tugas

    • Produk digital, dll

  • Menentukan target pengguna aplikasi

  • Mengisi worksheet "masalah yang ingin diselesaikan"

  • Membuat daftar fitur utama berdasarkan kebutuhan user

  • Diskusi peer-to-peer untuk validasi ide

  • Membuat flow aplikasi: navigasi, fitur, alur data

  • Menggambar wireframe di Figma, Whimsical, atau kertas

  • Presentasi singkat flow & wireframe ke mentor

  • Buat project baru dan atur struktur halaman

  • Membuat template page, navbar, dan skeleton UI

  • Menyiapkan Global State (seperti nama user, login state, dsb.)

  • Desain Home, Onboarding, atau Dashboard

  • Tambahkan Bottom Navigation atau Drawer

  • Buat halaman login (jika belum ada)

  • Membuat 1 fitur utama dengan koneksi ke Supabase

  • Contoh: buat catatan, menambahkan data tugas, dsb.

  • Uji coba input dan tampilkan datanya

  • Menambahkan validasi form

  • Menangani error saat input tidak valid

  • Menampilkan notifikasi sukses atau gagal

  • Gunakan Supabase Auth

  • Simpan data user (email, nama, UID)

  • Membuat halaman “Akun Saya” yang menampilkan data login

  • Form upload file ke Supabase Storage

  • Simpan URL gambar ke tabel Supabase

  • Tampilkan preview gambar di halaman utama atau detail

  • Tambahkan fitur seperti:

    • Quote harian

    • API Al-Quran

    • API Cuaca

  • Tampilkan hasil API di UI dengan loader

  • Evaluasi ulang desain: warna, font, tombol, animasi

  • Menambahkan loading state, empty state, dan error handling

  • Uji coba dengan berbagai ukuran layar

  • Teman sebaya mencoba aplikasi & memberikan feedback

  • Gunakan checklist sederhana:

    • Navigasi lancar?

    • Semua tombol berfungsi?

    • Error jelas?

  • Menyusun dokumentasi proyek:

    • Nama Aplikasi

    • Masalah & solusi

    • Fitur

    • Teknologi digunakan

    • Screenshot & link project

  • Tulis dalam Google Docs / Notion / Canva

  • Siswa menampilkan aplikasinya (5–7 menit)

  • Struktur presentasi:

    1. Latar belakang

    2. Fitur utama

    3. Demo langsung

    4. Tantangan yang dihadapi

  • QnA ringan dari teman/guru

  • Siswa menulis refleksi belajar:

    • Hal tersulit

    • Hal paling seru

    • Rencana ke depan (mau dikembangkan?)

  • Guru memberi feedback umum dan apresiasi

  • Pameran mini hasil karya siswa

  • Penyerahan sertifikat

  • Penghargaan:

    • Best UI Design

    • Best App Idea

    • Best Presentation

  • Dokumentasi dan foto bersama

Green Bangil, C1-07. Pasuruan, Jawa Timur
Indonesia, 67153
Head Office
Jl. Bohar Timur 30, Bohar, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61257
  • info@kodeflow.id
  • +62857-3323-5489

Daftar Kelas Gratis

Yuk booking jadwal kelas gratis bersama tutor kita dengan mengisi form disamping